image

Ini pengalaman positif gw bayar pajak motor di Samsat Jakarta Timur. Mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca yang lagi nyari info bayar pajak tahunan motor di sana. (Untuk pajak 5 tahunam bisa cek disini).

Dalam empat tahun, dari tahun 2011 sampe sekarang, gw bayar pajak d Samsat Jakarta Timur ini udah empat kali: 3 kali motor sendiri, 1 kali motor teman (motor gw pernah 1 kali bayar di Samsat Jakarta Selatan)

Gw pengen sharing gimana mudah dan cepatnya bayar pajak motor dengan sistem Drive Thru di Samsat Jakarta Timur. Udah tau kan ada Drive Thru di Samsat? Nggak cuma di McD ada Drive Thru. Drive Thru di Samsat adalah sistem pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang praktis, dimana kita nggak perlu turun dari kendaraan. Bahkan ga boleh turun karena kendaraannya juga harus ‘menghadap’ ke petugas dan kasir.

Saya ga tahu tahun berapa mulai ada sistem Drive Thru di Samsat Jakarta Timur, udah cukup lama, mungkin dari tahun 2011an. Tapi saya baru tahun ini nih (2015) mencoba memanfaatkan layanan ini, dan saya merasa sangat puas dan ‘kaget’ koq cepat banget, proses nya paling 3-5 menit, dan antrinya kebetulan lagi sepi cuma 4 orang. Pengalaman pertama waktu bayar pajak motor teman di bulan februari dan saya ulang lagi waktu bayar pajak motor saya sendiri di bulan Maret, pengalamannya ga jauh beda.

Proses bayar pajak dengan sistem Drive Thru jauh lebih cepat dibandingkan dengan bayar di loket yang ada di dalam gedung. Persyaratan nya juga bisa dibilang lebih mudah, tapi bisa dibilang susah juga sih. Supaya lebih jelas berikut detailnya:

Apa aja persyaratan yang harus disiapkan supaya bisa pakai Drive Thru:

  1. Bukan pembayaran pajak 5 tahunan (yang harus cek fisik dan ganti plat nomor, untuk pajak 5 tahunan saya bahas di sini).
  2. Orang yang datang/bayar adalah orang yang Asli (orang yang namanya di STNK, alias ga bisa diwakilkan. Kecuali diwakilkan oleh orang yang 1 alamat dengan ybs. Minimal sampe RW nya lah sama: dilihat dari KTP pemilik motor dan KTP orang yg bayar)
  3. Bawa Motor yang Asli (yang mau dibayar pajaknya)
  4. Bawa BPKB Asli
  5. Bawa STNK Asli
  6. Bawa KTP Asli a.n. yg ada di STNK
  7. Bawa KTP Asli a.n. yg bayar (kalo diwakilkan)
  8. Bawa Uang yang Asli 😀 (Nilainya liat dilembar pajak yang lama atau bisa dicek online di sini)

Kalo udah siap, silahkan datang ke Samsat Jakarta Timur, di Jl. D.I. Panjaitan Kav. 55, Jatinegara, Jakarta Timur, daerah Kebon Nanas (Google Map)

Tips nya, datanglah pada jam yang anda perkirakan tidak banyak antrian. Kebetulan ane kemaren dua kali datang selalu dapat antrian sedikit, cuma 4-5 motor di depan. Yang pertama saya datang bulan februari, hari Jum’at pagi jm 8, cuaca mendung. Kedua datang Maret, Rabu pagi jam 9, cuaca sih cerah tapi alhamdulillah antrian juga nggak banyak. Waktu masuk area kantor Samsat, langsung ikutin aja tanda di jalan yang mengarahkan kita ke loket Drive Thru (motornya jangan masuk parkiran, harus dikasih liat ke petugas..).

Proses bayar pajak di loket Drive Thru sangat berbeda dengan bayar di loket yang ada di dalam ruangan. Kalo di ruangan, kita harus isi formulir, bawa foto copy semua dokumen, antri bareng calo/agen yang bawa belasan hingga puluhan STNK. Tapi di ruangan kita nggak perlu bawa motor yang bersangkutan dan nggak harus orang yg bersangkutan (kayak si calo tuh). Kalo di Drive Thru kita antri bersama dengan motor nya, sampai loket pertama langsung disapa oleh petugas. Jangan kaget kalo petugasnya nyebut nama kita, dia bukan SKSD (Sok Kenal Sok Dekat) tapi ngcek kalo yang bayar adalah orang yang namanya ada di STNK (kayak diparkiran mall, nomor polisi motor kita dimasukin ke komputer dan datanya langsung keliatan semua seperti yang ada di STNK). Kalo memenuhi syarat2 seperti yang saya sebutin tadi, pembayaran kita langsung diproses, kemudian selang 1-2 menit berkas kita dikembalikan kecuali STNK + bukti pajak yang lama. Selanjutnya kita disuruh maju ke loket berikutnya, yaitu kasir. Di kasir kita langsung bayar dan petugas ngasiin STNK + bukti bayar pajak yang baru. Hanya dalam waktu kurang dari 5 menit, proses selesai.

Bandingin gan..Kalo cara lama, bayar yg di gedung pengalaman gw proses bisa sampe 1 jam lebih, di Drive Thru cukup 5 menit udah kelamaan, ky kita ngantri bayar jajanan di minimarket aja..hehe

Semoga bermanfaat. Silahkan komen pertanyaan dan pengalaman agan semua..

Advertisements