Wow.. keren.. 0.0? Ini kesan pertama saya saat menjalankan Aplikasi Mobile Banking dari BRI yang terbaru untuk smartphone Android (Download per 10 Okt 2012). Saya menggunakan aplikasi android Mobile Banking BRI sejak awal-awal aplikasi ini di launching. Nama awalnya adalah “IB BRI” dengan logo bertuliskan “Internet Banking BRI” tetapi versi terakhir namanya berubah menjadi “BRI Mobile” dengan logo yang juga bertuliskan BRI Mobile.
Terdapat beberapa perubahan dalam aplikasi versi terakhir ini. Pertama, selain akses “Internet Banking” aplikasi Mobile ini juga mendukung akses “SMS Banking alias Mobile Banking”. Kedua, perubahan tampilan antar muka yang lebih baik dari sebelumnya. Ketiga, selain pilihan jenis akses, terdapat tiga menu lain yang disajikan saat menjalankan aplikasi: Info BRI, Call BRI, dan Lain-Lain.
Sekarang mari kita bahas menu utamanya satu per satu.
Info BRI
Menu ini belum berfungsi, hanya ada alert saat kita memilih menu ini.
Internet Banking BRI
Ini menu yang sering saya gunakan. Saat pertama kali menggunakan layanan ini kita diminta untuk melakukan aktivasi. Aktivasi ini membutuhkan koneksi internet ke situs BRI dan aktivasi berhasil jika ada sms masuk dari BRI. Setelah aktivasi berhasil, selanjutnya kita hanya diminta memasukkan username dan password untuk menggunakan.
Menu yang ada dalam Internet Banking sama persis dengan Internet Banking versi web yang kita akses via browser di komputer. Sedikit perbedaan dengan versi web dalam hal transaksi keuangan, di aplikasi mobile kita tidak diminta kode token lagi karena nomor handphone yang menggunakan aplikasi tersebut sudah divalidasi saat pertama melalui menu aktivasi.
Layanan yang bisa kita gunakan adalah:
– Info Rekening
– Transfer ke BRI/Bank Lain
– Pembayaran tagihan telpon dan pasca bayar (Kartu Halo, Matrix, Flexi)
– Pembelian pulsa GSM/CDMA
– Pembayaran kartu kredit BRI
– Pembayaran kartu kredit Lainnya
– Pembayaran pinjaman (FIF dan lainnya)
– Pambayaran Listrik PLN
– Pembayaran tiket pesawat (Garuda, Lion, Sriwijaya)
– Daftar Pembayaran
Menurut saya, semua layanan yang dibutuhkan nasabah bisa terpenuhi dari aplikasi ini, cuma tarik tunai aja yang ga bisa 😀
Overall, semua berfungsi dengan baik. Tapi sayang kebijakan perbankan hanya membolehkan satu nomor handphone hanya untuk satu rekening. Artinya jika kita punya beberapa rekening, terpaksa pilih salah satu, atau gunakan banyak handphone untuk masing-masinh rekening*.
Kita bisa dapatkan aplikasi mobile ini dengan meminta link download-ny. Linknya dikirim ke nomor handphone yang terdaftar atas rekening terkait (ingat, tiap orang linknya beda-beda). Permintaan link ini ada di menu Layanan Nasabah saat kita login Internet Banking via browser komputer atau install terlebih dahulu aplikasi BRI Mobile versi umum dari playstore. Nomor terdaftar itu adalah nomor yang kita berikan saat aktivasi token di customer service. Kita tidak akan bisa aktivasi jika menggunakan aplikasi yang dikirimkan ke nomor orang lain (dengan cara backup-restore aplikasi).
(untuk handphone yang dual sim saya belum coba bisa ga install satu aplikasi untuk dua nomor/rekening sekaligus).
Mobile Banking BRI (SMS)
Sebelumnya tidak ada aplikasi android untuk layanan ini. Saya pernah menggunakan aplikasi SMS Banking BRI untuk handphone yang support java. Menu yang disajikan di android hampir sama dengan versi java:
– Info
– Transfer
– Isi Ulang Pulsa
– Pembayaran
– Pembelian
– Pelayanan
Namun, submenu yang tersedia jauh lebih banyak, untuk info tidak hanya saldo tetapi juga ada info pln, info tagihan-tagihan, info tiket sampai info Univ-terbuka. Pembelian pulsa juga tersedia pulsa CDMA, tidak seperti versi java yang hanya menyediakan pulsa GSM. Pembayaran juga demikian, banyak pembayaran yang sekarang bisa dilakukan via layanan ini. Ada pembayaran Listrik, pembelian token listrik pra bayar, dan pembayaran lainnya.
Call BRI
Menu ini hanya shortcut panggilan ke 14017.
Lain Lain
Menu ini berisi bantuan manual penggunaan aplikasi.
Silahkan bagi pengguna layanan banking BRI, update aplikasi mobile kalian sekarang. Dapatkan kemudahan-kemudahan layanan banking dari BRI.
Posted from WordPress for Android
Fadlan
Mar 18, 2013 @ 20:29:22
Utk mempermudah pengiriman dana
Lingga
May 12, 2014 @ 19:41:07
kalo TRF uang?
m-u-g
Aug 04, 2014 @ 09:16:10
internet banking dan sms banking bisa transfer uang, sesama BRI juga ke lain bank, kalo pake sms nanti setelah sms pertama dikirimkan akan ada sms balasan yang berisi konfirmasi data rekening tujuan, jadi aman ga usah takut nanti salah kirim..
vandol
Aug 02, 2014 @ 12:46:11
Mobile banking (sms) maksimal transfer berapa perhari ya…?
m-u-g
Aug 04, 2014 @ 09:14:14
untuk SMS Banking kartu BRITAMA Classic hanya Rp1juta per hari, Gold bisa 10juta
lengkapnya bisa dibaca di kolom fasilitas: https://eform.bri.co.id/home/detail/britama
rika
Oct 04, 2014 @ 21:16:35
Untuk menu Info di mobile banking BRI, ada sub menu Info Transfer. Itu untuk apa ya? Apakah untuk mengetahui transaksi transfer yg sudah dilakukan. Sy sudah coba tapi balasannya hanya seperti ini: (misal) :
* Info Rekening Bank Lain: 1111111222223 an “Budi Santoso” berhasil. No trx: 000006789
Mohon infonya, maksudnya bagaimana ya. Terima kasih
m-u-g
Oct 07, 2014 @ 09:41:02
untuk menu INFO di aplikasi BRIMobile itu hanya informasi identitas pemilik nomor rekening agar kita tidak salah transfer, bukan berarti transfer yang sudah kita lakukan. 🙂
Luki
Oct 09, 2014 @ 06:28:13
kalau mau bayar virtual account bisa lewat sms banking ga ya?
formatnya apa?
soalnya HP saya dual sim, dan entah knp gagal terus meski udh diset pengiriman sms ke sim yg terdaftar. jadi hrs sms banking..
Entang | Bintang
Dec 04, 2014 @ 10:36:45
kalau buat jualan pulsa pln bisa gak yaaa…
m-u-g
Dec 11, 2014 @ 11:22:47
bisa saja dimanfaatkan untuk jualan pulsa PLN, dan pengalaman saya untuk nominal Voucher yang sama beli di BRI Bankin dapat kWh lebih banyak dibandingkan voucher. silahkan dicoba..
Tgh
Feb 27, 2015 @ 20:21:57
Kalo menggunakan aplikasi bri mobile itu menggunakan biaya apa tidak ?? Apa cuma butuh connect internet ??
m-u-g
Feb 27, 2015 @ 21:03:00
Butuh koneksi internet, dan untuk biaya2 sama seperti transaksi di mesin atm.. misalny beli pulsa, transfer, bayar2, dll.
faida
Mar 13, 2015 @ 20:53:14
Maaf mau tanya, saya kemaren sudah aktifitasi internet banking dan saya mau tanya apa bisa aktifitasi mobile banking lagi kalo sudah punya internet banking,. Terimakasih,.
Mohon jawabanya terimakasih
m-u-g
Mar 14, 2015 @ 21:49:45
Bisa mbak, aktivasi internet banking dan mobile banking untuk satu rekening dg satu nomor handphone.
pecandu rindu
Mar 27, 2015 @ 12:52:16
apa nomor hp yang di ajukan untuk m-banking harus nomer yg dipakai untuk internet juga? karna saya aktifkan m-banking dengan nomer di simcard kedua tp pemberitahuan 3300 selalu masuk di simcard pertama. gimana ya solusinya?
m-u-g
Mar 28, 2015 @ 06:28:59
Iya gan, setau ane nomor handphone untuk dua layanan itu harus sama.
ananda
Apr 19, 2015 @ 20:41:58
kenapa ya punya saya tdk bsa d gunakan
m-u-g
Sep 01, 2015 @ 15:12:47
Alasannya?
Rocky Winata
Jul 20, 2015 @ 16:36:13
apa bedanya internet banking sama mobile banking ya?
saya sdh daftar di menu mobile banking tp diminta daftar lg di menu internet banking.
m-u-g
Jul 27, 2015 @ 22:18:05
Internet banking bisa di web bisa diaplikasi android, semua nya pakai akses internet/data, kalau mobile banking itu istilah yang dipakai BRI untuk layanan SMS banking, bisa pakai menu sms yg ada di handphone bisa juga pakai menu yang ada di aplikasi, dua-dua nya pakai biaya 550/sms.
Rocky Winata
Jul 28, 2015 @ 00:00:32
Oh gitu ya bung.
Aq kemarin baru daftar jg, yg daftarkan CS nya tp beliau kayaknya lupa ngasih paswordnya sama aku, beliau hanya bilang pin nya dibuat sama dg pin ATM aja. Aku jg baru sadar waktu mau daftar di internet banking trs diminta masukin user ID sama paswordnya.
m-u-g
Jul 31, 2015 @ 09:25:15
Kalo mau daftar internet banking ga diminta username.. nanti otomatis dikasih dari sistem, kita cm diminta password aja.. untuk smentara waktu daftar dminta 6 digit angka, tapi pas login pertama di web kita disuruh ganti passwordnya kombinasi huruf dan angka. Sekali lagi, username nya dikasih waktu daftar, dicetak di struk tanda berhasil daftar.
Rocky Winata
Jul 20, 2015 @ 16:37:29
Reblogged this on Rocky Winata personal blog.
Ilda
Jul 24, 2015 @ 12:39:04
Saya sudah daftar internet banking BRI versi web,apakah saya juga bisa daftar ib versi mobile,klu tdk salah dianjurkan utk menghapus dulu yg versi web melalui call center BRI baru bisa daftar versi mobile,apakh benar demikian?
m-u-g
Jul 27, 2015 @ 22:15:28
Aplikasi “BRI Mobile” itu bisa dipakai untuk 2 layanan transaksi online: pertama internet banking, kedua sms banking (disebutnya mobile banking). Kalo udah daftar ib versi web tidak perlu dihapus, tinggal didaftarkan BRI Mobile nya.. kalau saya nilai istilah2 yang dipakai oleh BRI emg mirip2 jd bikin rancu.
Kalau mau mengaktifkan fasilitas transaksi finansial, di ib web ataupun ib mobile, kita harus mendaftar mobile banking/sms banking supaya bisa mengaktifkan token di teller, kalau toke sudah aktif duluan kita bisa mendaftar ib mobile melalui aplikasi tanpa harus datang ke teller lagi, tp kalo toke blm aktif sekalian aja dua-dua nya diaktifkan di teller.
Semoga membantu..
Putri
Aug 03, 2015 @ 16:00:01
Gan, misalnya kita punya banyak pulsa, bisa ga pulsanya kita tukar ke ATM jd uang dgn menggunakan BRImobile?
m-u-g
Aug 04, 2015 @ 14:21:42
Wah kalo itu blm pernah dgr Sist, dan blm pernah liat ada menu buat tukar pulsa jd uang..
Marihot Danield
Aug 04, 2015 @ 20:42:13
Jadi kartu SIM di Android harus kartu yg kita daftarkan iBank ya bro?
m-u-g
Aug 04, 2015 @ 21:11:41
Iya bro, di aplikasi harus nmr yg didaftarkan..
riny
Mar 13, 2016 @ 21:42:16
Oh berarti kalio kita mau registrasi e-banking nope yg di pakai harus yg terhubung sama internet ya mas???
m-u-g
Mar 15, 2016 @ 16:15:59
Bner banget mbak riny. Nomor hape yg diinstall aplikasi harus yg dipakai registrasi e-banking. Tapi koneksi internet nya nggak harus dr kartu itu, bisa wifi atau dari simcard-2 kalo pakai dual sim..
roziro
Aug 31, 2015 @ 21:02:32
Saya kemrin daftar internet banking setelah aktivasi kata telernya ” mas restar dulu hpnya supaya bisa login” trus saya pulang setelah sampai dirumah saya buka app BRI mobile tapi tetap saya berbunyi aktivasi … Tapi punya teman saya jika sudah aktivasi maka tampilan bukan aktivasi lagi namun sudah login …
Tapi punya saya tetap aktivasi …
Mohon bantuanya …
m-u-g
Sep 01, 2015 @ 15:18:35
Pengalaman saya menggunakan BRI Mobile dengan provider telpon yg berbeda proses aktivasi nya beda-beda, ada yang cepat dan ada yang berapa kali gagal baru bisa. Hal ini karena sms jawaban AKTIVASI SUKSES nya telat nyampe (pengalaman ini kartu X*. Waktu timer nya sudah habis sms jawaban nya baru sampe, sehingga dianggap aktivasi gagal. Kalau ini alasannya ya memang harus sabar supaya aktivasi nya sukses.
m-u-g
Mar 15, 2016 @ 16:40:58
Update 20160315: versi 6.5.0 sudah ada menu untuk isi ulang Go-Pay, yaitu saldo untuk pembayaran online GoJek, atau dikenal juga GoJek-Credit.
lia
Mar 21, 2016 @ 15:42:36
Pnyaq juga gak bisa ini. Link tidak dpt dibuka padahal ud aktifin lewat web. Tpi link yg dikirim via sms sllu gak bisa dibuka. Selalu ada masalah saat mengurai paket
m-u-g
Mar 21, 2016 @ 18:50:50
Saya pernah jg mngalami kejadian sperti itu saat install ulang BRI Mobile gara2 hape reset. Parsing error. Tunggu minimal 15 menit minta link downloadnya lagi. Atau kalau mau praktis, install dulu apps dari Playstore, nanti minta link versi full nya dari apps itu.. Jadi ga repot buka versi web..
Boxit
Oct 21, 2016 @ 20:13:08
Saya udah aktivasi di bang langsung. Teus nomor sudah tr hubung dgn intrnet n dah di daftrkan pula ke pihak bank bri.
Tapi aplikasi BRI Mobile tidak bisa teus ada laporan transaksi anda gagal priksa jaringan internet dan pulsa anda padahalan saya trhubing ke intrnet. Tolong informasi y teimakasi ia gan
Boxir
Oct 21, 2016 @ 20:15:43
Saya udah aktivasi di bang langsung. Teus nomor sudah tr hubung dgn intrnet n dah di daftrkan pula ke pihak bank bri.
Tapi aplikasi BRI Mobile tidak bisa teus ada laporan transaksi anda gagal priksa jaringan internet dan pulsa anda padahalan saya trhubing ke intrnet. Tolong informasi y teimakasi ia gan
m-u-g
Oct 22, 2016 @ 08:38:52
Di bank itu aktivasi transaksi finansial gan, untuk aplikasi tetap ada proses aktivasi sampai ada sms diterima ‘ACTIVATION SUCCESS’ dari nmr 3300.
Kalo blm ada sms itu aplikasi blm bisa digunakan. Untuk bbrapa kasus kejadian ini karena aplikasi nya diblokir untuk mengirimkan sms tanpa notifikasi/peringatan. Agan harus kasih izin aplikasinya untuk mengirim sms aktivasi. Caranya:
Buka setting handphone, buka menu application setting, cari aplikasi BRI Mobile, buka Application Info, Permission Manager.. nah di situ ada pengaturan apakah aplikasi boleh mengirim sms, centang aja ‘Send SMS Message’.
Abis itu buka aplikasi BRI Mobilenya, masukkan username dan password internet banking agan, Mudah2an aplikasi BRI Mobile nya bisa aktivasi..
nuru
Nov 27, 2016 @ 09:42:59
hp saya android dual sim. dan blom punya app java. nama website app apa yaa. mksih
m-u-g
Aug 05, 2017 @ 05:06:13
Android langsung cari di playstore aja..
nisya
Nov 27, 2016 @ 09:44:16
hp saya android dual sim. dan blom punya app java. nama website app apa yaa. mksih
m-u-g
Nov 27, 2016 @ 23:28:36
Untuk android ga perlu java lagi mbak nisya, lgsg install aja dari playstore cari “BRI Mobile”
Kalo dual sim, banyak pengalaman kartu yg terdaftar di sistem BRI nya harus dipasang sbagai sim 1, krn kalo di sim 2 sering bermasalah.
Dyah
Dec 13, 2016 @ 12:55:20
Ketika bermaksud untuk mentransfer, kita diminta untuk memilih ‘dengan konfirmasi’ dan ‘tanpa konfirmasi’. Perbedaannya apa ya pak?
m-u-g
Dec 13, 2016 @ 20:45:55
Kalo internet banking ga ditanya, tapi kalo Mobile Banking alias ‘SMS Banking’ ditanya demikian. Kalo pilih dengan konfirmasi, nanti sebelum transfer dieksekusi akan ada sms yg isinya kira2: anda akan transfer senilai Rp ke rekening a.n. Siapa. Balas sms ini dengan ketik Ya 123456 untuk melanjutkan’ (123456 itu sesuai nmr transaksi nya). Kalo tanpa konfirmasi, sekali kirim sms lgsg eksekusi dan langsung dpt balasan apakah transfer berhasil atau gagal
Kalo berhasil disebutkan kita sdh transfer Rp sekian ke rekening Siapa..
dinda@mukty
Mar 29, 2017 @ 20:30:04
Cara logout aplikasi ini gmna ya caranya???mohon bantuan.
m-u-g
Mar 31, 2017 @ 18:31:18
Aplikasi ini memuat dua alternatif koneksi:
1. Internet Banking: login pake username dan password. Logout ny klik tombol logout (tombol baru muncul kalo sudah login).
2. Mobile banking: Tidak ada login-logout, karena transaksi dilakukan dengan sms, dan password yg diketik sifatnya dikirimkan bersamaan dg kode transaksi, bukan untuk login. Sehingga tidak ada menu logout untuk Mobile Banking.
Slamet
May 11, 2017 @ 16:17:46
Mas mau tanya. Kmren saya ganti gadget. Setelah itu knpa mobile bri saya tidak bisa di gunakan? Padahal pake nomor yg sama.
m-u-g
May 11, 2017 @ 21:23:34
Kalo pengalaman saya, ketika ganti gadget, harus ikuti langkah2 ini:
1. download lagi aplikasi dr playstore (bukan dikirim apk-nya dari gadget lama)
2. Setelah berhasil download, buka menu internet banking untuk mendownload versi Full (ada transaksi finansial internet banking).
Catatan: saat mau download, aplikasi minta izin mengirim sms ke situs BRI. Kalo tidak ada permintaan izin sms ini, berarti Sistem HP telah memblokir palikasi sehingga tdk bisa mgrim sms. Caranya:
2.a. buka menu setting-semua aolikasi, cari BRI Mobile banking, lihat permission ny. Izinkan aplikasi untuk mengirim sms.
2.b. lanjutkan ke Aplikasi BRI Mobile Banking, menu internet. Download lagi aplikasi yg versi full.
3. Setelah berhasil download. Install.
4. Buka lagi aolikasi nya untuk AKTIVASI.
5. Sukses
anisa
May 31, 2017 @ 04:17:52
Kenapa pas mau aktivasi ib di aplikasi tidak bisa jawaban nya periksa pulsa simcard anda padahal pulsa ada. Itu kenapa ya? Belum dapet sms dari 3300 soal mtoken
m-u-g
Jul 23, 2017 @ 18:14:35
Pulsa minimal untuk aktivasi 1500 karena ada proses pengiriman sms oleh aplikasi ke sistem BRI (makan pulsa 550 per sms).
Kemungkinan lain, karena IB membaca sim1, jd tidak bisa kartu terdaftar dipasang di sim2.
mia
Jul 22, 2017 @ 01:36:04
Maaf saya mau tanya.. .
Bisa kah kita log in online banking kita di hp lain, dan di nomor Lain dg akun dan fasword kita
Bisah kah?
Semisal nya kita berada di suatu tempat tidak ada signal, lalu kita suruh bank in kan org lain bgtu
Tq atas jawaban nya
m-u-g
Jul 23, 2017 @ 18:11:59
Login internet banking pakai browser, bisa dilakukan dimana saja, tidak harus dari nmr terdaftar. Ketika login, bisa liat semua info termasuk saldo dan rekening koran.
Tapi kalo mau melakukan transaksi, nanti ada kode token yang akan dikirimkan menggunakan sms ke nomor terdaftar (kena pulsa 550 per sms).
Itu kalo login pakai browser ya.. kalo pakai aplikasi android harus dilakukan di nmr terdaftar.
dimasuka forex
Oct 31, 2017 @ 10:24:02
saya sudah dowload dan instal . pas login ada tulisan mohon tunggu … dan itu gak ada selesainya ,, muter muter terus ,, saya pikir jaringan saya ulang ulang tetep aja pas login mohon tunggu .. itu gimana sudah konfirmasi ke CS tetep gak bisa di gunakan di android saya.
m-u-g
Oct 31, 2017 @ 20:11:59
Pengalaman ane gan, kejadian kek gini karena aplikasi BRI nya ga dapat izin untuk kirim sms validasi.. cara ngatasinnya:
1. Tutup aplikasi
2. Buka setting HP (Android)
3. Cari menu aplikasi terpasang
4. Cari aplikasi BRI, klik
5. Liat permission ny, kasi akses untuk kirim SMS.
6. Selesai
7. Coba lagi buka aplikasi BRI nya.
Nanda
Dec 24, 2017 @ 16:11:34
Saya download aplikasi M banking BRI di android, tapi kartu sim yg di daftar kan ada di hp nokia biasa. Apa bisa di pakai aplikasi M banking BRI yg di android nya?
m-u-g
Jan 14, 2018 @ 12:16:58
Tak bise mb nadia.. aplikasi Android nya ngcek kartu sim,jd aplikasi harus dipasang di hp dengan kartu yg terdaftar
ida
Jan 20, 2018 @ 22:30:03
Kalau mau log in di aplikasi baru pake user id dan
Pasword yang udah terdaftar gimana ya..?? Soalnya ganti hp…..
m-u-g
Feb 02, 2018 @ 06:14:51
Langsung aja gan, di hape baru download aplikasi BRI Mobile (versi lite/ga full) dari playstore, kemudian login pakai user+password agan untuk mendapatkan aplikasi yg full version. Pastikan tersedia pulsa dan paket data karena BRI akan mengirimkan link download melalui sms, ikuti saja proses ny sampai selesai.
indri
Feb 02, 2018 @ 11:21:57
Maaf mau tanya. Saya sudah dapat sms aktivasi sukses dari 3300. tapi, setelah saya buka aplikasi nya lagi. tetap sama minta login username dan password untuk aktivasi. Saya sampek capek habis-habisin pulsa buat aktivasi tapi terus kek gitu. Apa mas tau caranya? terimakasih.
Ayu .
Aug 03, 2018 @ 12:49:19
bri saya dual sim, yg saya daftarkan sim 1 tiap mau buka tuh app kesalahan 102. cek pulsa simcard terus padahal sim 1 ada pulsanya
m-u-g
Aug 04, 2018 @ 15:18:46
Coba cek di permissionnya, aplikasi ini harus dikasih akses kirim sms, krn aktivasi pertama butuh sms. Caranya buka pengaturan HP Android, cari aplikasi, cari BRI Mobile, pilih, lihat permission nya..
Rahmad
Dec 16, 2018 @ 13:55:27
Di menu pembelian pulsa itu ada tertulis Pulsa GSM dan CDMA apa maksudnya ya?? soal tidak mengerti
m-u-g
Dec 16, 2018 @ 14:48:03
Iya, Pulsa GSM untuk nomor Telkomsel, Indosat, XL, Tri.. kalo CDMA ky Smartfren, ESIA, Telkom Flexi
Kusnadi
Jan 13, 2019 @ 23:43:52
Gimana cara mengaktifkannya lagi internet banking . Karna ganti hp jdi ga bisa aktivasi mohon bantuan nya
m-u-g
Jan 14, 2019 @ 04:47:43
Install lagi dari Playstore, login, dan download full version nya. Supaya ga gagal download, atur di pengaturan aplikasi supaya browser default ny bukan chrome. Saya bbrp kali gagal download krn link yg dikirimkan dieksekusi oleh Chrome.