Wow.. keren.. 0.0? Ini kesan pertama saya saat menjalankan Aplikasi Mobile Banking dari BRI yang terbaru untuk smartphone Android (Download per 10 Okt 2012). Saya menggunakan aplikasi android Mobile Banking BRI sejak awal-awal aplikasi ini di launching. Nama awalnya adalah “IB BRI” dengan logo bertuliskan “Internet Banking BRI” tetapi versi terakhir namanya berubah menjadi “BRI Mobile” dengan logo yang juga bertuliskan BRI Mobile.

Terdapat beberapa perubahan dalam aplikasi versi terakhir ini. Pertama, selain akses “Internet Banking” aplikasi Mobile ini juga mendukung akses “SMS Banking alias Mobile Banking”. Kedua, perubahan tampilan antar muka yang lebih baik dari sebelumnya. Ketiga, selain pilihan jenis akses, terdapat tiga menu lain yang disajikan saat menjalankan aplikasi: Info BRI, Call BRI, dan Lain-Lain.

image

Sekarang mari kita bahas menu utamanya satu per satu.

Info BRI
Menu ini belum berfungsi, hanya ada alert saat kita memilih menu ini.

Internet Banking BRI
Ini menu yang sering saya gunakan. Saat pertama kali menggunakan layanan ini kita diminta untuk melakukan aktivasi. Aktivasi ini membutuhkan koneksi internet ke situs BRI dan aktivasi berhasil jika ada sms masuk dari BRI. Setelah aktivasi berhasil, selanjutnya kita hanya diminta memasukkan username dan password untuk menggunakan.

Menu yang ada dalam Internet Banking sama persis dengan Internet Banking versi web yang kita akses via browser di komputer. Sedikit perbedaan dengan versi web dalam hal transaksi keuangan, di aplikasi mobile kita tidak diminta kode token lagi karena nomor handphone yang menggunakan aplikasi tersebut sudah divalidasi saat pertama melalui menu aktivasi.

Layanan yang bisa kita gunakan adalah:
– Info Rekening
– Transfer ke BRI/Bank Lain
– Pembayaran tagihan telpon dan pasca bayar (Kartu Halo, Matrix, Flexi)
– Pembelian pulsa GSM/CDMA
– Pembayaran kartu kredit BRI
– Pembayaran kartu kredit Lainnya
– Pembayaran pinjaman (FIF dan lainnya)
– Pambayaran Listrik PLN
– Pembayaran tiket pesawat (Garuda, Lion, Sriwijaya)
– Daftar Pembayaran

Menurut saya, semua layanan yang dibutuhkan nasabah bisa terpenuhi dari aplikasi ini, cuma tarik tunai aja yang ga bisa 😀

Overall, semua berfungsi dengan baik. Tapi sayang kebijakan perbankan hanya membolehkan satu nomor handphone hanya untuk satu rekening. Artinya jika kita punya beberapa rekening, terpaksa pilih salah satu, atau gunakan banyak handphone untuk masing-masinh rekening*.

image

image

Kita bisa dapatkan aplikasi mobile ini dengan meminta link download-ny. Linknya dikirim ke nomor handphone yang terdaftar atas rekening terkait (ingat, tiap orang linknya beda-beda). Permintaan link ini ada di menu Layanan Nasabah saat kita login Internet Banking via browser komputer atau install terlebih dahulu aplikasi BRI Mobile versi umum dari playstore. Nomor terdaftar itu adalah nomor yang kita berikan saat aktivasi token di customer service. Kita tidak akan bisa aktivasi jika menggunakan aplikasi yang dikirimkan ke nomor orang lain (dengan cara backup-restore aplikasi).

(untuk handphone yang dual sim saya belum coba bisa ga install satu aplikasi untuk dua nomor/rekening sekaligus).

Mobile Banking BRI (SMS)
Sebelumnya tidak ada aplikasi android untuk layanan ini. Saya pernah menggunakan aplikasi SMS Banking BRI untuk handphone yang support java. Menu yang disajikan di android hampir sama dengan versi java:
– Info
– Transfer
– Isi Ulang Pulsa
– Pembayaran
– Pembelian
– Pelayanan

Namun, submenu yang tersedia jauh lebih banyak, untuk info tidak hanya saldo tetapi juga ada info pln, info tagihan-tagihan, info tiket sampai info Univ-terbuka. Pembelian pulsa juga tersedia pulsa CDMA, tidak seperti versi java yang hanya menyediakan pulsa GSM. Pembayaran juga demikian, banyak pembayaran yang sekarang bisa dilakukan via layanan ini. Ada pembayaran Listrik, pembelian token listrik pra bayar, dan pembayaran lainnya.

image

image

Call BRI
Menu ini hanya shortcut panggilan ke 14017.

Lain Lain
Menu ini berisi bantuan manual penggunaan aplikasi.

Silahkan bagi pengguna layanan banking BRI, update aplikasi mobile kalian sekarang. Dapatkan kemudahan-kemudahan layanan banking dari BRI.

Posted from WordPress for Android

Advertisements